Rabu, 21 September 2011

Konsep Pemodelan Grafik dari Jenis Bitmap dan Vektor

Oke sekarang saya akan membahas tentang konsep pemodelan grafik yang bertujuan untuk menambah wawasan tentang apa itu grafik dari jenis Bitmap dan Vektor..

Sebelum masuk ke Bitmap dan Vektor saya jelaskan sedikit tentang pengertian Grafik komputer 2 dimensi biasa disebut dengan 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi merupakan teknik penggambaran yang berpatokan pada titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak). Agar dapat tampil dengan sempurna, gambar yang akan ditampilkan dengan teknik ini harus memiliki nilai koordinat x dan y minimum 0 dan maksimum sebesar resolusi yang digunakan. Oia, kenapa saya bahas sedikit tentang Grafik komputer 2D?? karena berhubungan dengan Software pengolah gambar yang secara umum terbagi dalam dua bagian besar meskipun tidak mutlak, yaitu pengolah vektor dan bitmap. Yang merupakan jenis dari grafik itu sendiri yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa itu Bitmap dan Vektor?? Mari saya jelaskan dibawah ini.

Bitmap adalah gambar bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambar. Sebaliknya jika dipaksa diperbesar akan terlihat pecah . Besar file yang dihasilkan cenderung besar.
Contoh bitmap adalah .bmp, .jpg, .gif.





Suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola. Pada file bitmap dikenal dua istilah penting, yaitu :

1. Resolusi atau jumlah titik persatuan luas, yang akan mempengaruhi ketajaman dan detil file bitmap. Biasanya dinyatakan dalam satuan dpi (dot per inch).

2. Intensitas atau kedalaman warna, yang akan menentukan kualitas warna gambar secara keseluruhan. Biasanya dikenal istilah 256 warna, high color, true color, gradasi abu-abu (grayscale), serta hitam-putih (black & white).

Fungsi dari Bitmap oleh kalangan seniman dan desainer sering dipakai dalam memanipulasi photo.

Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagain lain yang saling berhubungan dalam sebuah gambar. Ukuran file relatif kecil dan jika diubah ukurannya (seperti gambar dibawah ini) kualitasnya tetap. Contoh file vektor adalah .wmf, swf , cdr dan .ai. Dan sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart dsb.




Fungsi dari Vektor oleh kalangan seniman dan desainer sering dipakai dalam membuat logo, animasi, ilustrasi, kartun, clipart, Banner dsb.

Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap

Kelebihan Grafis Vektor

• Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien

• Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya

• Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda

• Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

Kekurangan Grafis Vektor

• Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap

Kelebihan Grafis Bitmap

• Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.

• Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kelemahan Grafis Bitmap

• Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.

• Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah



referensi:
http://chugygogog.blogspot.com/2010/02/pengertian-vektor-dan-bitmap.html
http://blog.ephi.web.id/?p=1349
http://primasoft.wordpress.com/2008/04/07/grafis-vektor-dan-bitmap/

0 komentar:

Posting Komentar