Kamis, 04 Oktober 2012

Bisnis Informatika


Bisnis Informatika merupakan 2 kata yang mempunyai arti yang berbeda.

Apa itu bisnis??
Bisnis berasal dari kata business = busy = sibuk. Bisnis dalam arti luas menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Informatika?? Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Dari dua pengertian diatas jelas dapat diambil kesimpulan bahwa Bisnis Informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

Pada era perkembangan teknologi yang semakin canggih, sangat memungkinkan sekali orang lebih tertarik untuk melakukan bisnis dengan bantuan teknolgi informasi. Alasanya dengan bisnis seperti ini akan sangat menghemat waktu, biaya dan lain-lain. Menurut saya banyak sekali bidang usaha yang ada di indonesia yang menggunakan bisnis informatika.


Salah satu contoh bisnis informatika yang saya amati adalah Sebuah perusahaan pembuat keripik pedas yang fenomenal. Pembuat dan penggagas perusahaan ini disebut dengan presiden. Keripik pedas tersebut diberi dengan nama MAICIH. MAICIH pertama kali dikembangkan oleh permuda bernama Axl pada tahun 2010. pada saat itu, Axl memutuskan untuk menjual produk makanan berupa keripik pedas. Pemilihan produk keripik pedas didukung dengan banyak alasan yang meyakinkan Axl bahwa produk ini akan di sukai oleh pasar.

adapun nama MAICIH sendiri terinspirasi dari dompet kecil berisi receh yang kerap kali disebut dompet "icih" oleh sang bunda Axl.

Axl berhasil membuat produk keripik pedas dengan nama MAICIH setelah Axl bertemu dengan para seniman keripik singkong. ia terinspirasi dengan sosok seniman keripik ini yang sebagian besar mak-mak (panggilan masyarakat untuk nenek-nenek). dari situlah ia menggabungkan sosok mak-mak dan dompet "icih" yang membuatnya memberi nama MAICIH.

Pemasaran produk MAICIH sendiri di lakukan dengan cara yang unik. Visi dan Misi dari produk MAICIH selain di pasarkan dari cerita mulut ke mulut, juga dipasarkan melalui media-media online yang sedang di gemari oleh anak-anak muda, yaitu facebook dan twitter.

strategi pemasaran ini sangat berhasil mendongkrak nama dari Maicih. dimana followers dari account @infoMaicih di Twitter trus bertambah dengan jumlah yang besar.

Sistem pemasaran yang unik diikuti dengan sistem penjualan yang sangat unik. pada saat itu keripik MAICIH tidak bisa dengan mudah didapatkan dengan cara membeli di toko-toko snack pada umumnya. Produk MAICIH di jual dengan cara "GENTAYANGAN". dimana tempat penjualan berpindah pindah dari hari ke hari. para pembeli bisa mengetahui tempat berjualan melalui twitter dari MAICIH. 

Cara berjualan yang tidak biasa ini, ternyata sangat sukses mendongkrak Maicih menjadi produk makanan ringan yang sangat disukai.

Syarat Menjadi Jendral dan Tim Jendral Maicih

Mengirimkan CV, Foto Berwarna, dan Fotocopy kartu identitas (KTP/SIM/lain2) ke maicihsdm@gmail.com dengan SUBJECT: Jendral/Tim Jendral - (WILAYAH)

  • Bersedia menempuh sesi uji penerimaan berupa interview/wawancara oleh Mentri SDM Maicih di Bandung.
  • Bersedia mematuhi Standard Operational Procedure (SOP) pemasaran dari PT. Maicih Inti Sinergi.
  • Bersedia melakukan pembayaran wajib biaya lisensi senilai Rp1.000.000 (khusus Jendral) untuk fasilitas berupa Marketing Tools dan identitas kejendralan Maicih.
  • Bersedia melakukan persyaratan Stok Awal yaitu; 
  1. Jendral: Stok berjumlah total 10.000pcs dibagi dalam 2 minggu awal setelah dinyatakan lolos, berjumlah 7.500pcs di minggu ke-1, kemudian 2.500pcs di minggu ke-2 (optional: pemesanan seluruh Stok Awal pada minggu ke-1) TOTAL INVESTASI: ? Rp 110.000.000,-
  2. Tim Jendral: Stok berjumlah 5.000pcs dibagi dalam 2 minggu awal setelah dinyatakan lolos, berjumlah 3.000pcs di minggu ke-1, kemudian 2.000pcs di minggu ke-2 (optional: pemesanan seluruh Stok Awal pada minggu ke-1) TOTAL INVESTASI: ? Rp 55.000.000,-
  • Bersedia menjalankan prosedur dari Mentri Komunikasi dan Informasi untuk mendapatkan fasilitas informasi Gentayangan melalui @infomaicih

NB: Pertanyaan-pertanyaan lain di luar persyaratan bisa disampaikan saat interview.

tanggung jawab jendral to ichihers (fans dari MAICIH) 
 
FOR ICHIHERS WITH LOVE 
MAICIH berhasil menjadi produk makanan ringan yang sangat fenomenal. keripik pedas dengan banyak level rasa. sistem pemasaran yang unik, dan cara penjualan yang berbeda. Maicih bahkan memiliki penggemar setianya yang menamakan diri mereka ICHIHERS. maicih juga berhasil manjadi pionir dalam produk keripik pedas. dimana banyak bermunculan produk-produk sejenis yang mirip dengan MAICIH.

MAICIH pun terus melakukan inovasi-inovasi baru dalam pengembangan produk mereka. agar MAICIH bisa terus memanjakan para ICHIHERS dimana pun berada. 

Produk Maicih





Sumber:
http://arif-novendi.blogspot.com/2011/09/artikel-ini-merupakan-lanjutan-dari.html
http://yoir.wordpress.com/bisnis-informatika/
http://www.maicih.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar